|
Stang Seher/Piston Standar |
|
Ngemengin masalah Stroke Up tentunya tidak lepas dari Stang sehernya....Stroke Up bagi kalangan Dragster merupakan ritual wajib untuk di gunakan.... so kalo cuma masi mengandalkan Stroke Standarnya tentunya masi kurang meyakinkan untuk bisa WUZZZZ kenceng....namun banyak masalah yang timbul pada pengaplikasian part untuk stroke up Khususnya stang seher jika tidak menggunakan perhitungan yang matang.....alhasil jajan lagi-jajan lagi hehe....kalo sudah stang seher putus biasanya 50 % dari komponen mesin lainnya harus di ganti bahkan bisa jadi semuanya......karna stang putus memiliki impac yang cukup besar bagi komponen-komponen lainya....Cekidot gambar di bawah....
|
Efek Stang Seher Putus |
Beberapa penyebab stang seher putus adalah.....pengaplikasian piston yang terlalu besar yang tidak sebanding dengan kekuatan dari stang sehernya....power mesin yang terlalu besar tidak di imbangi dengan kekutan komponennya....mapping pengapian yang terlalu Advance dll.....nah dari pengalaman tersebut tentunya teman-teman sebenarnya harus bisa menganalisa lebih jauh apa yang harus di lakukan....?
|
Kruk as yang telah di modifikasi / Stroke Up |
Karna kita bukan orang pabrikan yang mengetahui jenis material dan tidak mengenal proses pembuatanya seperti apa ....yah terpaksa kita menggunakan cara awam untuk menganalisa penggunaan stang seher yang kuat melalui data spesifikasi motor.....yang perlu kita ketahui terlebih dahulu pada kekuatan stang sehernya adalah......Power standar motor yang akan kita gunakan stang sehernya sebagai bahan stroke up....Contoh stang seher Rx king......Power motor Rx king memiliki kekuatan standar Kurang lebih 18 HP Sewajarnya kita masi dapat maksimalkan pada batas aman 5-8 HP lagi dari kekuatan standarnya jadi 18+8 = 26 Hp ...mau maksa lagi si bisa tapi resiko di tanggung sendiri ya.....
|
Stang Seher/Piston |
Nah dari hal tersebut kita bisa menyimpulkan sendiri jika kita ingin mengaplikasikan stang seher motor Rx king pada motor bebek atau matik 4 tak yang memiliki tenaga standar di bawah 10 Hp...tentunya sangat di anjurkan mengganti dengan stang seher yang memiliki basic power mesin yang lebih besar dari stang seher standar jika ingin melakukan stroke up apalagi yang sekalian bore up gila-gilan......so jika nanti motor bebek atau matik yang telah di up grade mengalami peninggkatan Hp tentunya memiliki batas aman Hp yang cukup jauh......Kalo nanti pada pengaplikasiannya harus menggunakan Pakin tebal sebagai penyesuaian.....Tentunya sudah menjadi konsekwensi kawan ....mau aman tapi menggunakan paking tebal atau memilih satang seher hanya mencari ukuran panjangnyan saja tanpa mempertimbangkan kekuatanya untuk di buat nol paking ......yah silahkan di pertimbangkan sendiri deh.....Tanpa bermaksud untuk menggurui dan Kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat.
Berikut ini Data spesifikasi Power mesin motor standar yang teman-teman dapat jadikan sebagai bahan patokan.
- Rx King = 17,7 Hp
- Rx Special = 15.2 Hp
- Rxz = 19,7 Hp
- Ninja R = 29,5Hp
- Ninja RR = 29,5Hp
- Suzuki TS 125 = 13 Hp
- Yamaha V80 = 6,7 Hp
- Yamaha F1ZR = 10,5 Hp
Berita terkait :
Gabung juga di Grup
I B L J Komunitas Drag Bike Indonesia