rs1

Info Balap Liar Jakarta

Info Balap Liar Jakarta
WE ARE DRAGSTER NOT GANGSTER)......Pemesanan jaket I B L J di nomer : 0896 7696 5222 (rendy)......Perkopling Racing JFK mencari distributor Luar daerah Hub:089670261768 pin : 24d2d8c7......Pemasangan Iklan Hub: Email infobalapliarjakarta@yahoo.com......WE ARE DRAGSTER NOT GANGSTER

Hasil rsce 5 oktober 2015 Ninja (Tekno Tuner) Vs Nova Dash (D2M) Win : Ninja Tekno Tuner

Minggu, 20 Januari 2013

Proses dasar cara membuat ring piston

      Ring piston diciptakan oleh John Ramsbottom pada Institution of Mechanical Engineers pada 1854. yang pada awalnya digunakan dalam mesin uap.Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping. Tidak banyak yang tau cara proses pembuatan ring piston seperti apa.... Termaksud para mekanik yang setiap hari bergelut dengan benda yang satu ini.....  

     Butuh waktu lama IBLJ mencari sumber refrensi bahasan ayang sekiranya dapat di bahas secara gambalang tentang cara pembuatan ring piston ini namun tidak menemukan jawaban yang memuaskan...kebanyakan dari bahasan hanya membahasnya sepenggal-sepenggal proses pembuatan...sampai terakhir IBLJ menemukan gambar pembuatan ring piston yang sekiranya dapat sedikit membuka pengetahuan kita seputar cara pembuatannya....Berikut adalah material-material yang biasa di gunakan pada ring piston

  • Cast iron
  • Cast iron alloyed for piston rings
  • Nodular cast iron alloyed for piston rings
  • Bronze
  • Aluminum Bronze
  • Phosphor Bronze
  • Steel
  • Stainless Steels for use in high temperatures

   Bentuk awal bahan dasar dari ring piston itu sendiri adalah bahan baja coran berbentuk bulat panjang padat...

Bahan dasar ring piston yang terpasang pada mesin bubut




   Sebelum di potong-potong menjadi ring...terlebih dahulu di ratakan bagian permukaanya sekaligus menentukan ukuran diameter yang di tentukan Dengan menggunakan mesin Bubut perhatikan gambar di bawah...




kemudian melubangi bagian tengah seperti halnya membuat pipa dari bahan tersebut ....Hingga menyisakan ketebalan lingkaran yang di inginkan...setelah itu langsung di potong-potong sesuai dengan ukuran... 


Pada saat pemotongan ring piston....mesin bubut menggunakan mata bubut yang berbeda.....Wew seru juga liatnya...Ga selesai sampai disitu ring piston yang habis di potong-potong tersebut kemudian harus di potong lagi agar terputus dari lingkaranya...dengan menggunakan penjepit Ragum dan kayu/papan sebagai media bantalannya....cekidot gamabar di bawah


Ring piston yang di potong

Proses pembuatan ring piston ini hanyalah proses dasar yang belum di jelaskan seara ditail langkah-langkah selanjutnya ......ulasan ini lebih ke hal pengetahuan awal bagi kita yang awam tentang proses pembuatan ring piston...dan jika di lihat dari awal proses pembuatan ring piston yang IBLJ ulas kali ini bukan merupakan proses pabrikan...melainkan proses secara hand made/Custome (bikin sendir)...dan sekitar 60 tahun yang lalu Soiciro Honda (pembuat mesin honda) telah memulai awal usahanya dengan membuat ring piston....itu 60 tahun yang lalau lo....masa kita kalah dengan alat-alat yang serba modern seperi saat ini untuk mencobanya sendiri....


(Berbagai sumber)



Semoga terinspirasi



TERIMA KASIH

Berita terkait :  

Video proses pembuatan Gear/roda gigi
 
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING 


Video cara pembuatan Ban  

 Video Cara pembuatan CAM / Noken As 

Cara membuat klep mesin 4 tak  

Modifikasi klep BACK CUT VALVE  

Video Cara bikin kenalpot  

Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia


FU TSR Vs MX TEKNO TUNER Sentul 31 maret 2014

Ninja TPZ VS Ninja D2M 7 Maret 2014 Win : TPZ

MX Hawadis VS Nija 250 WIn : Ninja 250 Sentul 12 Juni 2013

Pengikut

Popular Posts

Arsip Blog