MICHIO SUZUKI
Michio Suzuki, adalah pemilik usaha yang membuat alat (peralatan) untuk menenun Sutra...
Usaha ini di mulai pada tahun 1909an.
Suzuki power free 36 cc
Suzuki Diamond Free 60 cc
Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan
yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh.
Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.
Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel
pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan power Free
(kapasitas 36cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (kapsitas 60cc).
yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh.
Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.
Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel
pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan power Free
(kapasitas 36cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (kapsitas 60cc).
Suzuki COLLEDA 90cc
Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan
nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu.Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export
tidak banyak.
Suzuki T-500
Suzuki GT-500
Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport
ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris).
Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi
GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977.
ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris).
Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi
GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977.
Suzuki GT-750
Suzuki GS-750 E
Sebenarnya tahun1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses
untuk pasar Superbike didunia pada saat itu.
Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari
GT750. GS750 ini sangat cepat menjadi populer (cukup sukses).
Suzuki GS-1000
Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978.
GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu.
Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor
lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan
GSX 1100 Katana di tahun 1982
Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal power full
(kencang larinya), style-nya yang modern, body ringan dan harganya yang
sangat kompetitif.
Suzuki GSX-1100 katana
Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya
GSX-R750 dan GSX-R 1100.
Wah.. yang ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model
ini benar-benar mengadobsi motor balap beneran...
tapi memang diperuntukan dijalan raya... jadi ya.... kuenceng banget larinya.....
GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini ...(karena good sale),
Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan tidak baik,
dan distop produksinya.
Suzuki GSX-R 750
Suzuki GSX-R 1100
Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap
kurang mencapai kesuksesan.
Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan
memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang
sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia ...
karena kecepatan mencapai 310km/jam.
Note:
Masih banyak model-model Suzuki,
tapi yang kita bahas disini adalah yang menjadi model andalan Suzuki didunia...
Suzuki GSX-1300 R Hayabusa
semoga terinspirasi
TERIMA KASIH