rs1

Info Balap Liar Jakarta

Info Balap Liar Jakarta
WE ARE DRAGSTER NOT GANGSTER)......Pemesanan jaket I B L J di nomer : 0896 7696 5222 (rendy)......Perkopling Racing JFK mencari distributor Luar daerah Hub:089670261768 pin : 24d2d8c7......Pemasangan Iklan Hub: Email infobalapliarjakarta@yahoo.com......WE ARE DRAGSTER NOT GANGSTER

Hasil rsce 5 oktober 2015 Ninja (Tekno Tuner) Vs Nova Dash (D2M) Win : Ninja Tekno Tuner

Minggu, 10 Juni 2012

Memahami Waktu Pengapian pada Mesin motor


Bagi yang sudah mengerti tentunya sudah pada paham ya....ok kalo gitu berikan kesempatan kepada teman-teman kita yang belum memahami atau baru saja memulai belajar tentang mesin motor terutama pada sektor pengapian....
5 -10 derajat sebelum TMA busi memercikkan api perhatikan gambar di bawah ini
Pada saat piston berada posisi TMA ( Titik Mati Atas ) , posisi crank pin , stang seher / conecting rod dan seher berada dalam satu garis . Inilah titik nol derajat .Lihat gambar di bawah ini !

10 derajat sebelum TMA
Crankshaft / poros engkol terus berputar pada saat mesin hidup . Pada saat crank pin 10 derajat sebelum mencapai titik nol derajat (10 derajat sebelum TMA piston ) , inilah waktu busi memercikkan api atau bisa kita sebut waktu pengapian . Lihat gambar di bawah ini !



5 derajat sebelum TMA Saat crank pin 5 derajat sebelum mencapai titik nol derajat , inilah waktu busi memercikkan api atau waktu pengapian . Lihat gambar di bawah ini ! 
Waktu pengapian terjadi antara 5 sampai 10 derajat sebelum TMA . Tidak semua mesin memiliki waktu pengapian yang sama , tergantung pada spesifikasi standar dari pabrik pembuatnya . Dan ada mesin yang pengapian standarnya 7 derajat sebelum TMA , atau 8 derajat sebelum TMA . Jadi setiap mesin mempunyai standar waktu pengapian masing - masing , namun cara perhitungan derajatnya tetap sama seperti cara di atas .
 Sebagai bukti penjelasan di atas Pehatikkan Video Beriut ini

Di video terlihat Busi memercikan  api sebelum terjadinya TMA 10 derajat sebelum ke titik 0 drajat memiliki waktu yang sangat sempit untuk melakukan proses pembakaran yang sempurna
Hal ini lah yang banyak di modifikasi oleh bengkel-bengkel balap...karna telah mengalami banyak perubahan komponen di antaranya klep,carburator,kompresi,bbm dan bentuk ruang bakar yanag memungkin kan waktu pengapian harus mengalami modifikasi karna debit suplai bahan bakar telah mengalami prubahan drastis....untungnya sekarang sudah banyak CDI yang bisa melakukan penyetelan drajat pengapian secara akurat baik menggunakan remot,laptop atau secar lansung (memutar tombol)...seperti BRT,REXTOR,PREDATOR,KAWAHARA.dll



jadi ga perlu repot-repot lagi melakukan penyetelan seacara manual untuk menggeser pic up pulser (di bikin panjang atau pendek) untuk mencari setingan yang pas....

Semoga bermanfaat

FU TSR Vs MX TEKNO TUNER Sentul 31 maret 2014

Ninja TPZ VS Ninja D2M 7 Maret 2014 Win : TPZ

MX Hawadis VS Nija 250 WIn : Ninja 250 Sentul 12 Juni 2013

Pengikut

Popular Posts

Arsip Blog