Bisa di katakan Indonesia Masi mentok di perklep untuk riset motor kenceng Khususnya Liarannya ga tau kalo yang resmi seperti Roadrace yang modalnya gede?.....jadi bikin motor kenceng seperti sekarang ini harus ngimbangin perklep yang ada di pasaran.....bisa juga harus ngimbangin dananya juga si hehehe....karna bikin motor dengan Spek perklep Hi Class di pasaran....katakanlah perklep jepang original....mau ga mau harus ngimbangi perawatan komponen part pendukung lainnya terhadap karakter perklep tersebut.....seperti contoh harus menggunakan bahan Cam yg Bagus...oli yang bagus...dll.....jika tidak demikian....maka akan sia-sia saja....tapi jika kita menginginkan perklep yang sesuai dengan spek yang kita maupun tidak mungkin....karna harus pesen dari pabrikan dimana tidak bisa di order dalam jumlah kecil....rempong kan.....itu sebabnya kemampuan motor di liaran hampir sama rata karna bahan dasar yang kita pakai rata-rata kemampuannya hampir sama semua mentok di harga dan pilihan....so ga masalah si buktinya teman-teman semua tetap masi bisa berinvoasi untuk menjadi yang tercepat walau masih saja di batasi oleh hal tersebut....dan sebagai wawasan tambahan pengetahuan tentang perklep....IBLJ mencoba untuk membahasa perklep yang mungkin masi jarang beredar di pasaran tanah air...yaitu perklep jenis sarang lebah kata orang bule bilang si Beehive Springs....ya mungkin saja bentuk atau konstruksinya yang agak mirip sarang lebah karna agak mengecil di bagian ujungnya itu sebabnya di bilang seperti sarang lebah....simak perbedaannya dengan per jenis biasa gambar di bawah...
Berat perklep sarang lebah hanya 99 gram |
Berat perklep jenis biasa umum 121 gram |
Karna bagian ujungnya mengecil otomatis topi klepnya pun ikut mengecil....jadi 2 point dalam hal ini yang di untungkan dengan model perklep sarang lebah ini......yu coba kita timbang lagi ...
Topi klep model biasa |
Topi klep jenis sarang lebah |
Nah kira-kira sudah liatkan perbedaanya sejauh mana secara bobot dan konstruksi....dan bukan hanya itu saja ternyata setelah di tes lansung di mesin ternyata perklep jenis sarang lebah ini lebih setabil terhadapat tekanan pelatuk roker arem...dalam arti posisi per klep tidak berputar/bergerak dalam rpm tertentu....karna tidak berputar artinya tidak ada space pantulan yang kosong yang dapat membuat perklep tersebut jadi berputar pada kecepatan rpm tertentu....yang pada akhirnya akan meminimalisasi floting .......berbeda dengan jenis perklep biasa yang dapat berputar dalam rpm tertentu yang akan menyebabkan floting .....ahhh teori mulu nih.....hehehe....biar percaya yu kita simak videonya berikut....
walau pun bahasan ini di ambil dari perklep mesin mobil yang berbeda karakter rpmnya dengan mesin motor...namun sekiranya kita dapat mengetahui karakter secara konstruksi dari perklep jenis sarang lebah ini...so jika kelak tersedia perklep seperti ini atau memang sudah tersedia namun tidak tau kelebihanya......dengan ulasan ini mudah-mudahan dapat membantu kawan-kawan semua untuk mengetahui sebelumnya.....
Semoga bermanfaat Kawan
(Sumber EngineLabs)
Berita Terkait :
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia- Membaca Engine Performance Curve
- Apa Itu AFR (Air Fuel Ratio) 2
- Free Dowload Software CDI REXTOR
- Mengenal CDI lebih dekat
- Memahami waktu pengapian motor standar dan balap
- Download buku petunjuk Cara seting CDI REXTOR
- Keuntungan Menggunakan Booster DC Pada motor
- Sitem Pengapian CDI - AC
- Sistem Pengapian CDI-DC
- Sudut = Derajat
- Pulser positive dan Pulser negative
- CDI Programmable Cheetah Power
- CDI RACING PREDATOR
- CDI BOOSTER ZONA 13
- BOOSTER 25 SPEED