Ternyata klep memiliki banyak teknologi lo walaupun bentuknya secara kasat mata tetap sama....kemajuan teknologi dan pesatnya persaingan kompetisi balap di lapang mendorong Manufacturing terus mengembangkan teknologi partnya berikut penjelasannya
- Hard Chrome Plating Valve
Klep dengan teknologi ini biasanya di gunakan untuk mesin berkinerja tinggi karna memiliki batang katup dengan koefisien gesek yang rendah, permukaan yang keras dan tahan aus . Hard chrome menawarkan pilihan terbaik untuk aplikasi mesin ekstrim dengan membiarkan sifat pelumasan yang lebih tinggi dan perpindahan panas yang lebih baik dari batang klep.
- Sodium Filled-Hollow Stem Valves
- Bimetallic Forged Valves
Katup bimetal salah satu klep canggih untuk aplikasi katup ekstrim yang biasa bekerja pada tempratur suhu yang tinggi, Katup bimetal pada dasarnya dibuat dari dua batang baja paduan bahan yang berbeda yang digabungkan bersama dengan pengelasan dua buah ke dalam satu komponen. Metode manufaktur katup adalah metode yang hanya direkomendasika untuk aplikasi katup pesawat terbang.
- Titanium Valve
Bahannya yang ultra ringan dan kuat, membuat Semakin tinggi fluktuasi suhu antara asupan udara dan gas buang menjadi lebih rendah .....Biasanya untuk mesin yang memiliki karakter Rpm tinggi
- Coatings Valve
Coatings klep dapat meningkatkan kekerasan permukaan komponen pada daun klep hingga 30 sampai 40 persen. Keuntungan terbesarnya dalam memakai Coating Valve, Pelapis termalnya dapat membantu dengan mengurangi suhu 100 sampai 200 derajat.
Sumber www.enginelabs.com
TERIMA KASIH
Berita terkait :
Bearing Magnetic SKF Zero Friksi
Proses dasar cara membuat ring piston
Video proses pembuatan Gear/roda gigi
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING
Video cara pembuatan Ban
Video Cara pembuatan CAM / Noken As
Cara membuat klep mesin 4 tak
Modifikasi klep BACK CUT VALVE
Video Cara bikin kenalpot
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia