Senin, 28 Januari 2013

HASIL DRAG BIKE PALEMBANG 26 JANUARI 2013

IFO DRAG COMPETITION SERI 1 
SIRKUIT NON PERMANEN DEKRANASDA OFFICIAL RESULT
  
  • KELAS FFA CAMPURAN S/D 250 CC
POS. N.S NAMA ASAL TEAM TIME JML
I 198 ADI MAMET PALEMBANG D-ORVI RACING TEAM 8.050
II 158 YUDI BELANDO PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 8.057
III 102 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 8.304
IV 188 AFRIDON GASSPOLL PALEMBANG MJM MASCOT FS 8.429
V 271 SONNY ANDETA LAMPUNG DK RACING VICTORY FEAT AMS GRAGAZ 8.584

  • KELAS SATRIA FU STD
POS. N.S NAMA ASAL TEAM TIME JML
I 155 TAUFIK H PALEMBANG SSFC RACING TEAM 9.871
II 313 IGUN #13 PALEMBANG GUMILANG MS 10.079
III 219 SYIHAB PALEMBANG YAMR DWI KARYA POETRA KEDATON 10.123
IV 120 EDY APEX PALEMBANG MENTARI SEJAHTERA RACING TEAM 10.135
V 152 YOSEPH PALEMBANG MENTARI SEJAHTERA RACING TEAM 10.205


  • KELAS SPORT 2T STD (RX-K CHAMBER)
POS. N.S NAMA ASAL TEAM TIME JML
I 115 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 9.038
II 55 AFRIDON GASSPOLL PALEMBANG PAB'S 9.129
III 59 FANYA PALEMBANG MENTARI SEJAHTERA RACING TEAM 9.513
IV 124 YOGI HJM PRASETYA PALEMBANG STUDIO 81 HJM 9.533
V 25 REXON PALEMBANG GMS 9.551

  •   KELAS BEBEK 4T TU S/D 115 CC
POS. N.S NAMA ASAL TEAM TIME JML
I 131 AGUNG UNYIL PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 9.058
II 103 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 9.320
III 62 EDY APEX PALEMBANG MENTARI SEJAHTERA RACING TEAM 9.765
IV 61 YOSEPH PALEMBANG MENTARI SEJAHTERA RACING TEAM 9.905
V 90 QORI PALEMBANG PRADIA 9.972

  • KELAS BEBEK 4T TU S/D 150 CC
POS. N.S NAMA ASAL TEAM TIME JML
I 4 YOGI WIBISONO PALEMBANG PMC PT LIGASIN 8.825
II 65 AGUS SAMIADJI PALEMBANG PMC PT LIGASIN 9.024
III 19 KIKY HOKY PALEMBANG KMS SOPHIE MARTIN 9.043
IV 141 AFRIDON GASSPOLL PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 9.125
V 77 M SATRIONO PALEMBANG PMC PT LIGASIN 9.266

  • KELAS NINJA STD
POS. N.S NAMA ASAL TEAM TIME JML
I 118 M RANGGA PALEMBANG JAYA PERKASA BONEX IPK 8.132
II 134 AGUNG UNYIL PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 8.369
III 75 M SATRIONO PALEMBANG DRRT BONEK PT LIGASIN 8.386
IV 168 MED RIZKY KEMS PALEMBANG KEM'S 8.426
V 149 YUDI MAMED PALEMBANG KEM'S 8.436



POINT PROLEHAN ANGKA SERI 1


1 FFA 2T S/D 250 CC

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
 I 14 YUDI BELANDO PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 25
II 104 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 20
III 226 OCKY CAMAT BANDUNG DK RACING AG TUNED VICTORY 16
IV 72 M SATRIONO PALEMBANG GORENGAN BALAP ERDEVE 13
V 8 NDUS BLANTACK PALEMBANG BLANTACK 11

2 FFA 4T S/D 250 CC

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 31 AFRIDON GASSPOLL PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 25
II 173 M SATRIONO PALEMBANG PMC PT LIGASIN 20
III 213 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 16
IV 160 ARIF PRAMULYA PALEMBANG DIA INDAH 13
V 260 YUDI BELANDO PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 11

3 MATIC S/D 250 CC FFA

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 261 TAUFIK H PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 25
II 206 SEPTA MOJANG PALEMBANG ACRT BAKSO BALAP 20
III 216 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 16
IV 58 SUCIPTO PALEMBANG MENTARI SEJAHTERA RACING TEAM 13
V 60 FANYA PALEMBANG MENTARI SEJAHTERA RACING TEAM 11

 KELAS BEBEK 2T S/D 130 CC

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 76 YOGI WIBISONO PALEMBANG HRM 25
II 53 MED RIZKY KEMS PALEMBANG KEM'S 20
III 105 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 16
IV 601 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 13
V 300 FEBRA PALEMBANG GASS SPEED 11


KELAS BEBEK 4T TU S/D 130 CC

POS. N.S NAMA ASAL TEAM TIME JML
I 215 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 25
II 135 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 20
III 196 M ANGGA PALEMBANG JAYA PERKASA BONEX IPK 16
IV 5 YOGI HJM PRASETYA PALEMBANG STAR DMM STUDIO 81 HJM 13
V 47 SYAIHON SANJAYA PALEMBANG MDS LAHAT 11

SPORT 2T S/D 140 CC

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 159 YUDI BELANDO PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 25
II 132 AGUNG UNYIL PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 20
III 107 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 16
IV 245 ADI MAMET PALEMBANG KEM'S 13
V 179 SONNY ANDETA LAMPUNG AMS GRAGAZ 11

BEBEK 4T TU S/D 200 CC

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 163 ARIF PRAMULYA PALEMBANG DIA INDAH 25
II 211 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 20
III 73 M SATRIONO PALEMBANG PMC PT LIGASIN 16
IV 21 AFRIDON GASSPOLL PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 13
V 46 KIKY HOKY PALEMBANG KMS SOPHIE MARTIN 11

SPORT 2T S/D 155 CC

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 26 OCKY CAMAT BANDUNG DK RACING AG TUNED VICTORY 25
II 133 AGUNG UNYIL PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 20
III 292 AWAL CHUNGKRING PALEMBANG AMMRT 16
IV 161 YUDI BELANDO PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 13
V 221 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 11
 
HONDA BEAT STD

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 34 STAVANO UNYIL PALEMBANG SENOPATIH MOTOR 25
II 110 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 20
III 88 OCKY CAMAT BANDUNG DK RACING AG TUNED VICTORY 16
IV 3 AGUNG UNYIL PALEMBANG MJM MASCOT FS 13
V 157 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 11

JUARA UMUM

POS. N.S NAMA ASAL TEAM POINT JML
I 110 ASEP BHAJAY PALEMBANG MAJESTIC SUMATERA EKSPRESS 126
II 157 ALAN SPEED PALEMBANG STAR DMM JAYA ABADI 104
III 88 OCKY CAMAT BANDUNG DK RACING AG TUNED VICTORY 94



TODDY ANDRIES 0 1 FFA 2T S/D 250 CC

PRINT TIME : 21:30:03
PIMPINAN LOMBA, KETUA JURY, ANGGOTA JURY,

(Maniak motor)

Berita terkait :

Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas Drag Bike Indonesia
 

Sabtu, 26 Januari 2013

SpeedSparks Piggyback ECU Lokal


Apa itu piggyback?
Pertama kita akan bahas apa itu piggyback? Piggyback secara umum adalah sebuah device atau alat yang mampu untuk memanipulasi data dari sensor elektronik yang terhubung dengan computer (ECU=Electronic Control Unit) motor.

Di pasaran umum terdapat 3 jenis piggyback, yaitu: 
1. Programmable Fuel Controlle
    Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) injeksi bahan bakar (injection/
    fuel control), seperti Juice Box, Power Commander, Apexi NEO Fuel Controller, etc. 

2. Programmable Ignition Timing Controller.
    Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) waktu pengapian (ignition 
    control), seperti MSD Ignition Timing Control, dll. P

3. Piggyback yang bisa mengatur ulang pemetaan (mapping) waktu pengapian (ignition 
    control) dan sekaligus   injeksi bahan bakar (injection/ fuel control), seperti Dastek Unichip, 
    Haltech Interceptor, dll.

Apa itu stand alone engine management system?
Stand alone engine management system sering juga dinamai sebagai programmable ECU, dimana fungsinya adalah menggantikan ECU atau computer motor yang dapat diprogram sesuai dengan kondisi mesin dan kehendak tunernya.

Banyak hal yang bisa diprogram oleh sebuah stand alone ini, diantaranya adalah: ignition timing (waktu pengapian), injection timing (waktu injeksi bbm), pengaturan RPM limit, pengaturan waktu penyalaan kipas radiator, intercooler water spray controller, NOS controller, dll. Merek yang banyak beredar di pasaran umum antara lain adalah Haltech Platinum, Motec M800, dll.


SpeedSparks sumber gambar otomotifnet.com

Lalu apa itu SPEEDSPARKS Unlimited Piggyback ECU?
Speedsparks Unlimited Piggyback ECU adalah sebuah piggyback yang mempunyai kemampuan bukan hanya sebagai programmable fuel controller dan programmable ignition controller tetapi juga mampu mengatasi (mengatur ulang - menghilangkan) limit batas RPM seperti sebuah stand alone ECU.
Jadi Speedsparks Unlimited Piggyback bukan sepertti piggyback biasa melainkan sudah memiliki fungsi juga sebagai stand alone ECU.
Speedsparks Unlimited Piggyback ECU mengambil data injection dan ignition dari komputer standar bawaan motor, kemudian  mengubahnya (remap) sesuai dengan kondisi tertentu.  Pada RPM 10,000 atau lebih, Unlimited Piggyback bekerja sebagai stand alone ECU, menggunakan data terakhir RPM 8000-10000 saat full throttle.



Sumber gambar Luthfi Aziz's Blog


VIDEO Honda CBR rpm limit break



  • Unlimited RPM :
          Menaikkan atau menghilangkan batasan RPM (RPM limit) yang ada pada ecu/ 
          computer standar motor...Pertama kali di dunia, piggyback dengan kemampuan seperti 
          ini.THE WORLD FIRST UNLIMITED PIGGYBACK!
  • Full Programmable Injection :
          Mampu melakukan pemetaan ulang (mapping) injeksi bahan bakar dengan software 
          komputer.
  • Full Programmable Ignition:
           Mampu melakukan pemetaan ulang (mapping) waktu pengapian dengan software 
           komputer.
  • Hi Performance Ignition:
         TCI (Transistorized Control Ignition) yang mempunyai output energi besar sehingga 
         dapat disandingkan dengan segala koil aftermarket khusus TCI (non CDI). Anda 
         leluasa bereksperimen dengan berbagai koil aftermarket TCI yang ada di pasaran tanpa 
         takut membuat komputer original motor rusak atau terbakar.


SPESIFIKASI TEKNIS :

  • Data  remap sampai RPM 14000. 
  • Rentang kerja unlimited piggyback ECU ini sampai dengan RPM 18000.
  • Ignition remap -10o s/d 40o, yang ditunjukkan dengan angka 0 – 50, angka 10 berarti adalah remap 0o (0 derajat), dan angka 0 adalah berarti remap -10o (minus 10 derajat).
  • Injection remap range 50 % - 150 %
  • Self Learn range 84 % - 116 %
  • Tersedia untuk Vixion CBR 250/150, CB150SF. Beat PGMFI, Spacy PGMFI, Vario PGMFI, dan Verza 150 PGMFI.
  • Download  Panduan manual book dan software Speedsparks Unlimited Piggyback klik DOWNLOAD 

Bagi rekan-rekan yang berminat  bisa kontak langsung Pilar Motor
Jl. Jatiasih 55, Bekasi
Phone: 021-9825-1836, 021-6834-1929, 0818-856978

Alamat blog : http://speedsparks.blogspot.com/

Alamat Web : http://www.speedsparks.com/



Berita Terkait : 
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia


Kamis, 24 Januari 2013

Honda CS 1 Spek turing 32 Hp

 

Lagi-lagi om londo selau bikin sensasi dengan menggarap motor kenceng dengan spek turing...entah karna hobi atau memang sudah menjadi Standar korek padepokan TRB bengkel asal jogjakarta bikin motor kencang tapi masi enak di buat jarak jauh dan harian....pastinya motor spek seperti inilah yang menjadi idaman para dragster....bisa buat mondar-mandir, liaran juga ok....betulkan?....bagi sebagian orang mengatakan buat apa punya motor kencang kalo ga bisa di naikin setiap hari....mubazir bro....ga bisa sering-sering ngerasain adrenalin ....Gasss trusss...

CS 1 Blok Head CBR

Honda CS 1 masi tergolong jarang yang mengoprek engga seperti Fu, jupiter, Karisma dan lainya...tetapi justru ini menjadi sebuah tantangan tersendri bagi Om londo untuk membuktikan kepiawaianya bisa menggarap berbagai jenis motor, selain itu juga mendapat kepuasan tersendiri apabila hasil korekannya bisa sesuai target yang di tentukan apalagi lebih......pastinya akan lebih memuaskan ....melihat dari tampang Cs 1 ini sudah pasti banyak yang menebak kalo blok Cylinder Headnya sudah menggunakan CBR 150 Yang sudah DOHC bukan lagi standar yang masi meggunakan SHOC, selain itu juga pakingnya mentereng nempel di bawah blok....hehehe spek turing nih....? srem juga liatnya sob...ternyata paking yang terpasang di CS1 ini bukan tanpa alsan karna sudah mengaplikasikan Kruk as Honda Tiger dengan Struk Standar 62,2 mm...jauh dengan Standarnya yang hanya 47 mm selain lebih panjang diameter daun kruk asnya pun lebih besar begitu juga bobotnya....Hemm makin antep aja larinya nih......

Paking 22 mm

Karna buat Spek turing semua harus di perhitungkan Matang-matang oleh Om londo...kalo tidak Bammm...alama Jebol deh....Di cangkok dengan piston berdiameter 69 mm dan Kompresi bermain aman di angka 11,5 : 1 dari angka ini menjadi patokan awal untuk memperhitungkan segalanya agar durabilty/ketahanan mesin selalu terjaga sekaligus untuk menetukan Bbm yang ingin di gunakan ...lalu di ikuti dengan durasi Cam polesan TRB yang berdurasi 270 drajat....di padu dengan klep berdiameter in,ex 28/23...di semprot dengan karbu PE 28 standar......CDI cukup standar...alhasil.....motor ini setara dengan 32 tenaga kuda pada putaran 10.330 rpm dan torsi  24 nm pada 8500 rpm...WOW....untuk sekelas motor harian tenaga sebesar ini tergolong dasyat mannnnn.....n*n*a 250 std aja si lewat ups sensor ....Sebagai bahan tambahan out put hasil dari korekannya I B L J lampirkan bukti prinant hasil dari Dyno biar kawan-kawan lebih yakin.



SPESIFIKASI :


-Bore 69mm
-Stroke 62,2
-Klep 23-28
-Krug as tiger
-CDI std
-Carbu PE 28 non reamer pj 35 mj 130
-Rasio kompresi 11,5 : 1
-Knalpot custom
-Cem custom.durasi 270 drajat
- Paking 22 mm
-Tune By : Londo Trb


Semoga terispirasi

Berita Terkait :
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas Drag Bike Indonesia 

Rabu, 23 Januari 2013

Yamaha 125 Z 61 HP Yunani best time 6,4 detik 201m


   Memanfaatkan komunikasi sesama pecinta drag bike di belahan dunia lain... walaupun berbeda negara I B L J tetap ingin melihat perkemabangan Drag Bike di dunia sejauh mana ?...terutama yang sesuai dengan perkembangan motor-motor drag di tanah air.....sejauh ini kita selalu berpatokan kepada thailand, malaysia sebagai barometer perkembangan drag bike di tanah air...hal ini masilah sangat minim informasi untuk memajukan perkembangan Drag bike kita.....untuk itu IBLJ membuka relasi kekerabatan dengan para pecinta Drag Bike dari yunani yang Spesifikasi modifikasinya tidak jauh dengan negara kita....

Yamaha 125 Z 61 HP saat di atas Dyno


Karna sudah paham dengan hobi kita yang sama...Jadi tidak sulit rasanya untuk berkomunikasi unutk mengorek informasi dari mereka...sontak saja mereka paham dengan informasi apa yang harus mereka berikan untuk IBLJ...mereka langsung menyodorkasn motor-motor terbaik dari yunani untuk sebagai bahan perbandingan di sini...dan hasilnya pun memang tidak meragukan......bukan sekedar asal bicara...mereka memberikan semua data-data output secara baik termaksud Video yang langsung di rekam di atas Dyno...secara spesifikasi bentuk full kendaraan memang banyak perbedaan antara motor Drag di yunani dan Indonesia.....Dari mulai rem Cakram depan yang menggunakan rem Cakram sepeda....tidak menggunakan suspensi belakang...dan masi banyak lagi jika kita cermati....namun hal itu rupanya bukan menjadi kendala mereka...buktinya mereka mampu menorehkan angka terbaiknya hingga berada di best time 6,4 detik untuk jarak 201m dan 10,2 detik pada 400m dengan kecepatan di atas 200 km/jam

Print out Dyno Yamaha 125 Z  61 Hp

Print Out Best Time 201m dan 400m

Di atas langit masi ada langit itu benar adanya kawan....motor 2 tak bebek yang kita kenal selama ini menjadi jawara adalah honda Nova Dash di Thailand dengan penorehan angka rata-rata di bawah 7 detik di atas 6,5 detik....Rupanya mulai gelisah melihat dari hasil penorehan angka Horse Power dan best timenya Motor-motor dari yunani yang di dominasi oleh yamaha 125 Z....walaupun informasi yang I B L J dapatkan belum cukup ditail hingga pada spesifikasi modifikasinya.....Sekiranya hal tersebut dapat membuka wawasan dan juga untuk memotifasi diri kita untuk lebih terpacu.....Mudah-mudahan Next I B L J akan mengulas lebih jauh tentang Spesifikasi motor-motor yang ada di Yunani sana...

Berikut adalah Bukti Cuplikan  Video saat berada di arena balap dan di atas dyno salah satu motor tercepat yang ada di Yunani

Video saat di atas dyno clik

DYNO 


Video saat di arena balap




Semoga terinspirasi

Berita Terkait :
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas Drag Bike Indonesia 

Senin, 21 Januari 2013

Bearing Magnetic SKF Zero Friksi

Bearing magnetik tanpa gesekan


Bagi kawan-kawan yang sering korek motor tentunya engga asing dong dengan bearing merek SKF....bearing yang di kenal dengan berbagai jenisnya ini telah berevolusi membuat bearing jenis baru.....Berbeda dengan yang biasa kita kenal dengan bearing yang menggunakan bola-bola / pelor di dalamnya sebagai bantalan untuk poros perputaran...pada motor balap biasanya di gunakan di hampir bantalan poros pada bagian mesin....seperti kruk as,Ratio dan lain sebagainya....Namun bearing yang kita kenal deangan cara kerja yang konvensional tersebut  ternyata masih memeiliki kekurangan diantaranya masih menggunakan gaya gesek untuk memutarkan porosnya dimana akan menyebabkan getaran, walaupun manfaatnya sudah kita rasakan cukup bermanfaat dengan menggunakan bearing jenis convensional tersebut....

Bearing Konvensional dengan Bola
Teknologi terbaru yang SKF tawarkan bearing dengan menggunakan magnetic....Dimana beraing tersebut memiliki  unsur utama bantalan stator dan rotor untuk menerapkan kekuatan magnet elektro untuk melayang pada poros, sensor posisi untuk mengidentifikasi posisi poros di lima sumbu, controller dan kontrol algoritma untuk mengontrol arus yang dikirim ke stator bantalan magnetik untuk menjaga poros pada posisi yang telah ditentukan.Stator bantalan magnetik terdiri dari tumpukan laminasi dengan kumparan tembaga dililit membentuk serangkaian kutub utara dan selatan pada saat yang sama dipasok ke kumparan masing-masing untuk menghasilkan gaya tarik yang melayang di dalam poros bearing. Controller mengontrol arus yang diterapkan pada kumparan dengan memantau sinyal posisi dari sensor posisi untuk menjaga poros pada posisi yang diinginkan melalui luar jangkauan pengoperasian mesin. Biasanya ada 0,2 sampai 0,5 mm celah udara antara rotor dan stator tergantung pada aplikasi. Poros ini biasanya didorong oleh sumber lain seperti turbin, atau putaran mesin yang terintegrasi dengan poros


Skema cara kerja Bearing magnetik


Hehe..lumayan ngejelimet juga ya teorinya sob....tapi IBLJ engga harus memaksakan kawan-kawan untuk mengerti secara jelas teorinya seperti apa...cukup hanya memahami cara kerjanya secara logika bahwa semua itu memeng bisa di buat dan bisa di aplikasikan lo... bisa kebayangkan kita pake bearing SKF yang hi speed aja uda enteng banget apalagi bearing magnetic ini yang engga bersentuhan fisik wew super Hi speed.....gak kebayang secepat apa motor-motor masa depan jika menggunakan bearing magnetik ini...liat saja video yang ada di bawah dengan tenaga tiupan angin compresor putaran mampu mencapi hingga 10000 rpm gimana kalo pake tenaga mesin ???...Bearing ini bukan hanya cepat tapi juga presisi,lebih minim getaran dan terbebas dari kondisi suhu apa pun...Sejauh informasi ini di dapat belum ada penjelasan secara rinci kapan Bearing magnetic ini akan di lepas dipasaran dan kisara harganya.

Fitur :

  •    Rendah Getaran
  •     Bekecepatan tinggi
  •     Rendah konsumsi energi
  •     Tidak ada kontak fisik
  •     Bebas Pelumas      
  •     Bebas dari Kontaminasi


Contoh analogi Video Bearig magnetik


Bering magnetik belum dalam tahap penyempurnaan



(sumber www.engineerlive.com)  

TERIMA KASIH

 Berita terkait :  



Proses dasar cara membuat ring piston


Video proses pembuatan Gear/roda gigi
 
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING 


Video cara pembuatan Ban  

 Video Cara pembuatan CAM / Noken As 

Cara membuat klep mesin 4 tak  

Modifikasi klep BACK CUT VALVE  

Video Cara bikin kenalpot  



Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia

Minggu, 20 Januari 2013

Proses dasar cara membuat ring piston

      Ring piston diciptakan oleh John Ramsbottom pada Institution of Mechanical Engineers pada 1854. yang pada awalnya digunakan dalam mesin uap.Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping. Tidak banyak yang tau cara proses pembuatan ring piston seperti apa.... Termaksud para mekanik yang setiap hari bergelut dengan benda yang satu ini.....  

     Butuh waktu lama IBLJ mencari sumber refrensi bahasan ayang sekiranya dapat di bahas secara gambalang tentang cara pembuatan ring piston ini namun tidak menemukan jawaban yang memuaskan...kebanyakan dari bahasan hanya membahasnya sepenggal-sepenggal proses pembuatan...sampai terakhir IBLJ menemukan gambar pembuatan ring piston yang sekiranya dapat sedikit membuka pengetahuan kita seputar cara pembuatannya....Berikut adalah material-material yang biasa di gunakan pada ring piston

  • Cast iron
  • Cast iron alloyed for piston rings
  • Nodular cast iron alloyed for piston rings
  • Bronze
  • Aluminum Bronze
  • Phosphor Bronze
  • Steel
  • Stainless Steels for use in high temperatures

   Bentuk awal bahan dasar dari ring piston itu sendiri adalah bahan baja coran berbentuk bulat panjang padat...

Bahan dasar ring piston yang terpasang pada mesin bubut




   Sebelum di potong-potong menjadi ring...terlebih dahulu di ratakan bagian permukaanya sekaligus menentukan ukuran diameter yang di tentukan Dengan menggunakan mesin Bubut perhatikan gambar di bawah...




kemudian melubangi bagian tengah seperti halnya membuat pipa dari bahan tersebut ....Hingga menyisakan ketebalan lingkaran yang di inginkan...setelah itu langsung di potong-potong sesuai dengan ukuran... 


Pada saat pemotongan ring piston....mesin bubut menggunakan mata bubut yang berbeda.....Wew seru juga liatnya...Ga selesai sampai disitu ring piston yang habis di potong-potong tersebut kemudian harus di potong lagi agar terputus dari lingkaranya...dengan menggunakan penjepit Ragum dan kayu/papan sebagai media bantalannya....cekidot gamabar di bawah


Ring piston yang di potong

Proses pembuatan ring piston ini hanyalah proses dasar yang belum di jelaskan seara ditail langkah-langkah selanjutnya ......ulasan ini lebih ke hal pengetahuan awal bagi kita yang awam tentang proses pembuatan ring piston...dan jika di lihat dari awal proses pembuatan ring piston yang IBLJ ulas kali ini bukan merupakan proses pabrikan...melainkan proses secara hand made/Custome (bikin sendir)...dan sekitar 60 tahun yang lalu Soiciro Honda (pembuat mesin honda) telah memulai awal usahanya dengan membuat ring piston....itu 60 tahun yang lalau lo....masa kita kalah dengan alat-alat yang serba modern seperi saat ini untuk mencobanya sendiri....


(Berbagai sumber)



Semoga terinspirasi



TERIMA KASIH

Berita terkait :  

Video proses pembuatan Gear/roda gigi
 
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING 


Video cara pembuatan Ban  

 Video Cara pembuatan CAM / Noken As 

Cara membuat klep mesin 4 tak  

Modifikasi klep BACK CUT VALVE  

Video Cara bikin kenalpot  

Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia


Jumat, 18 Januari 2013

Mengenal lebih dekat sosok Eko Chodox

Eko Chodox
     Jangan ngaku Dragster kalo ga kenal dengan joki yang satu ini....Dan coba tanya motor apa yang belum pernah di gas dengan joki yang satu ini....Eko Chodox bisa di katakan sebagai masternya joki drag bike......sebutan itu bukan sembarang sebut melainkan memang keahliannya sebagai joki yang selalu jadi bahan perhatian bagi banyak orang termaksut di kalangan para joki itu sendiri....bahkan di setiap Ivent berlangsung rasanya tidak akan Afdol dan bergensi ivent tersebut jika tidak ada sang Eko Chodox.....Namanya sering keluar menjadi juara 1 di setiap pertandingan dan terbukti talentanya memang lebih unggul di banding dengan joki lainnya ketika menggunakan motor balap secara joint....walaupun motornya sama namun jika di bawa oleh eko kodox dan joki lainnya...selalu saja time nya lebih unggul .....itulah yang membedakan mengapa joki ini IBLJ sebut sebagai Masternya joki....
untuk itu IBLJ tertarik untuk mengulas lebih dalam tentang joki yang satu ini....

 
Eko Chodox saat berasama team Baitech
      Eko sulistyo yang  lahir 3 maret 1985 di kota semarang, Hobinya awalnya sama seperti anak-anak muda lainya..... Sering main motor liaran walaupun mesinnya masih setandar ting-ting, Pada waktu eko masi duduk di bangku kelas enam sd...bermain motor setiap sore di sekitar komplek dekat rumahnya....karna sering eksis diliaran hingga duduk di bangku smp Eko Chodox sudah cukup di kenal oleh kalangan liaran di daerahnya waktu itu....Sehingga pada akhirnya banyak bengkel-bengkel di daerah semarang yang menggunakan jasanya untuk turun di arena resmi...Sadar akan keadaan keluarganya yang hidup sederhana membuat eko terus termotivasi ingin mengembangkan keahlianya untuk maju .....apa lagi semenjak kepergian ayahanda eko sentak eko menjadi tulang punggung bagi keluarganya.......Orang tua eko mengajarkan dirinya agar menjadi orang yang mandiri ...jadi apapun keahliannya maka eko akan gunakan semaksimal mungkin....dan berkat usaha dan kerja kerasnya jadilah Eko Chodox yang kita kenal populer saat ini (salut buat eko)

Eko chodox bersama Umbrela Girl

   Pertama kali turun di balap resmi semarang eko chodox langsung menunjukan prestasinya dengan menduduki posisi ke dua kelas bergengsi FFA 2 tak, Pada waktu itu dia masih ingat sekali dengan menggunakan Motor suzuki RGR dengan Body motor yang masi melekat alias standar full body
Sejak dari situ jadwal mainnya semakin padat di kawasan semarang....tapi pada saat itu eko tetap masi main juga di liaran, Hingga pada tahun 2004 eko Chodox mulai ada tawaran dari team luar kota yang namanya cukup terkenal di kalangan liaran dan resmi, CMS terkenal dengan motor-motor keras di dua arena....dari situ eko jadi sering kejakarta untuk nyeting motor di markas CMS kemayoran jakarta pusat.
Dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan bergabung dengan team se kelas CMS akhirnya membuahkan hasil, Dengan menjadi juara Nasional pada tahun pertama dan ke dua bersama team CMS.

Sumber gambar gila motor
     Tidak puas sampai disitu eko Chodok terus mengasah pengalamannya dengan bergabung dengan team asal jogja Bpazz Concept yang sekarang berganti nama jadi Baitech Alifka Motor.....Enam tahun bergabung dengan team Alifka  dengan bergontaganti nama team dan sponsor tidak membuat eko Chodox tidak berpuas diri atas prestasinya selama ini.....Seperti halnya pembalap motor GP Eko Chodox adalah prima dona para team Drag bike yang ingin meminangnya hingga akhirnya di tahun 2013 ini eko membuka pengalaman barunya bersama team besar asal jakarta Abirawa ...Dengan harapan besar agar semua dapat berjalan mulus sesuai dengan keinginannya  ungkap joki yang sayang terhadap orang tua dan anak istrinya itu

Sumber gambar otomotif zone
Eko bukan hanya ahli dalam hal ngebetot gas...diem-diem eko juga adalah seorang mekanik dan memiliki team sendiri/pribadi yang bernama Frogz very fast semua motor teamnya itu buatan Doi sendiri sob...MANTAP...Team pribadi eko ini biasanya turun pada saat ada acara ivent lokal ...tapi ga menutup kemungkinan juga turun di Ivent besar...Bukan lagi sekedar coba-coba karna telah sering juga naik podium walau mungkin waktu luangnya belum 100% untuk teamnya sendiri...
Setalah panjang lebar ngobrol melalui on line IBLJ denga Eko Chodox, Akhirnya Eko Chodox memberikan pesan bagi joki-joki generasi muda yang ada sekarang ini....Eko berpesan agar selau seriuslah dalam menjalani karir mu, Balap bukan cuma sekedar aksi dan gaya saja ... Gunakan dorongan kebutuhan hidup kita menjadi motivasi untuk lebih maximal dalam karir mu.....(Luarrr bisaaa sekali Eko Chodox)  ini baru top....karna Eko Chodox telah membuktikannya terlebih dahulu dan baru bicara......Biar makin lengkap ga afdol kalo kita ga liat secara langsung aksi-aksinya di arena melalui Video berikut Cuplikanya :

 Eko Chodox pada acara Drag Bike TDR


Eko Chodox Vs Moge 1000cc


Semoga terinspirasi

Intip Persiapan Team Wahana baru Sebelum bertanding


Prepare atau persiapan adalah hal yang paling jarang di informasikan pada hal layak ramai apalagi prepare team drag bike pasti lebih kalah populer di banding informasi persiapan team sepakbola.....padahal hal itu sangat lah penting bagi sebagian kalangan terutama kita-kita nih yang memiliki hoby dan team balap, Karna bisa untuk pembelajaran apa lagi team yang masi baru-baru....Manajemen preparation adalah salah satu kunci keberhasilan dari sebuah team untuk memenangkan sebuah pertandingan ....kebetulan engga lama lagi acara drag bike tangerang akan berlangsung tepatnya 26-27 desember 2013 yang bertempat di tangerang BSD....untuk itu IBLJ mencoba mewawancarai team Wahana Baru yang lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan perbekalannya untuk bertanding nanti pas banget dong......Wahana Baru team asal bandung yang di gawangi oleh Popo ini adalah team yang yang mulai eksis di dunia drag bike pertengahan tahun 2010.....walau teamnya baru berusia 2 tahunan namun segudang prestasi telah banyak mereka peroleh...jadi engga salah dong kita intip persiapannya sebagai bahan refrensi
.

    Banyak persiapan yang Team wahan lakukan jika menjelang mulai awal samapi akhir pertandingan.... dari mulai mempersiapkan akomodasi transportasi,biaya pendaftaran, Biaya makan, Persiapan dan cadangan mesin hingga penginapan...semua harus di rencanakan secara rinci dan matang...agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan pada saat mengikuti pertandingan......


Hal yang biasa di periksa secara teknis biasanya popo dan teamnya melakukan pengecekan  kondisi motor yang akan di pertandingkan secara berkala, Dari hal yang besar sampai ke yang kecil....Bongkar head sekaligus cek kondisi semua spear part menjadi hal yang wajib di lakuakan, Dan yang terpenting adalah selalu di dial agar perhitungan selalu tepat tidak berubah......untuk hal-hal yang kecil seperti tegangan aki,baut mounthing,komstir dan rem depan belakang itu pun ikut di cek untuk menjaga safety....selanjutnya mencari setingan motor  dan  timenya.....sekiranya semua sudah sesuai dengan yang di inginkan tinggal mempersiapkan spear part cadangan yang sudah di sesuaikan dengan settingan yang ada, Di antaranya mempersiapkan 1 buah head dan blok beserta isinya untuk masing-masing motor,  Buat jaga-jaga bila jebol pada saat pertandingan ungkap popo mekanik dari team wahana


Jangan lupa Bensol kurang lebih sebanyak 5 liter untuk sekitar 3 motor satu kali pertandingan.....dalam hal akomodasi dan uang pendaftaran team wahana biasa menyiapkan dana sekitar -+ 4 jtaan untuk satu kali iventnya dan tidak jarang juga mereka menginap di padock atau di rumah rekan untuk menghemat biaya pengeluaran.....ini strategi lo bukan irit hehehe tawa popo dengan symbol smile di bbm.....2 ,3 hari sebelum ivent di mulai biasanya motor harus sudah ready semua biar engga keteteran pas hari H keberangkatannya.....semoga rekan-rekan mendapatkan sebuah gambaran jika ingin terjun sebagai team balap resmi seperti Team Wahana baru.

Persiapan spear part dan alat-alat :
  • Busi 
  • Oli 
  • V belt
  • Roller
  • kampas kopling
  • Bensol
  • Kunci set dan peralatan lengkap





Semoga terinspirasi 
Berita terkait :

Kamis, 17 Januari 2013

Lylla si Joki drag Cantik asal surabaya

Para dragster jakarta banyak yang penasaran nih dengan  lady yang satu ini....cewe cantik yang berasal dari Surabaya ini bukan hanya karna wajahnya yang cantik tapi juga talentnya yang lumayan mencolok sebagai joki wanita....karna usahanya sebagai joki sering kali membuahkan hasil pada ajang-ajang balap resmi...tidak hanya sebatas turun dan meramaikan prakualifikasi namun tidak jarang juga lolos final di lima besar, Salah satunya pada acara drag bike  Banjar patroman  kelas ninja frame standar dan kelas matic 155 cc di senayan kemarin,  Bersaing dengan joki-joki pria hebat lainya......untuk lolos di 5 besar pada ajang resmi apalagi yang bergengsi bukan perkara mudah kawan......berjubel joki-joki handal pria yang tidak secemerlang lylla yang notabenenya adalah wanita... semua itu berkat filing insting dan mental yang kuat membuat gadis berumur 16 tahun ini selalu tampil penuh dengan percaya diri....gile masi muda bangetkan unyu-unyu lagi....hehehe

Lylla bersama Team kolor ijo

Selain sibuk sebagai joki ...aktifitas lylla juga sering melakukan pemotretan sebagai model.....joki yang mengawali hobinya pada tahun 2007 ini awalnya tidak di ijinkan oleh ke 2 orang tuanya...karna sekitar tahun 2008 lylla sempat terjun ke arena liaran untuk menyalurkan hobinya Tau sendirilah main di liarankan sangat beresiko...hingga akhirnya pada tahun 2012 dia menjadi bagian dari team Drag resmi  Kolor ijo......dimana sebelumnya lylla tergabung pada team Moris dan yayak.....setelah itu orang tua lylla bukan hanya mendukung tapi sangat mendukung banget ungkap anak pertama dari 4 bersaudara ini




Menurut Holyllah Ardilah nama lengkapnya....naik motor Drag sangat mengasikan....namun tidak semua motor drag lylla bisa jinakan....ada beberapa motor yang menurut lylla sulit untuk di kendalikan....terutama motor bebek....loh....aneh kan....ya itulah pengakuannya lylla yang keturunan arab kalimantan ini....doi lebih seneng ngegas motor batangan 2 tak di banding motor bebek sambil mengrimkan symbol smile di obrolan on line .....Cadas...Saluttt....
Bagi kawan-kawan yang penasaran dengan aksinya di lapangan saat ngegas motor Drag berikut admin masukan cuplikkannya :

Video Lylla saat melakukan Start


Dan berikut adalah gallery foto-foto aksi dari Lylla di arena balap dan saat menjadi model l Lumayan buat koleksi di album facebook hehehe....

Foto-foto saat di arena balap resmi



Foto Lylla sebagai model







Biodata :
Nama  : Hollylah Ardilah
TTL     : 24 November 1996
Alamat : Pulowonokromo Surabaya 









Semoga terinspirasi