Senin, 21 Januari 2013

Bearing Magnetic SKF Zero Friksi

Bearing magnetik tanpa gesekan


Bagi kawan-kawan yang sering korek motor tentunya engga asing dong dengan bearing merek SKF....bearing yang di kenal dengan berbagai jenisnya ini telah berevolusi membuat bearing jenis baru.....Berbeda dengan yang biasa kita kenal dengan bearing yang menggunakan bola-bola / pelor di dalamnya sebagai bantalan untuk poros perputaran...pada motor balap biasanya di gunakan di hampir bantalan poros pada bagian mesin....seperti kruk as,Ratio dan lain sebagainya....Namun bearing yang kita kenal deangan cara kerja yang konvensional tersebut  ternyata masih memeiliki kekurangan diantaranya masih menggunakan gaya gesek untuk memutarkan porosnya dimana akan menyebabkan getaran, walaupun manfaatnya sudah kita rasakan cukup bermanfaat dengan menggunakan bearing jenis convensional tersebut....

Bearing Konvensional dengan Bola
Teknologi terbaru yang SKF tawarkan bearing dengan menggunakan magnetic....Dimana beraing tersebut memiliki  unsur utama bantalan stator dan rotor untuk menerapkan kekuatan magnet elektro untuk melayang pada poros, sensor posisi untuk mengidentifikasi posisi poros di lima sumbu, controller dan kontrol algoritma untuk mengontrol arus yang dikirim ke stator bantalan magnetik untuk menjaga poros pada posisi yang telah ditentukan.Stator bantalan magnetik terdiri dari tumpukan laminasi dengan kumparan tembaga dililit membentuk serangkaian kutub utara dan selatan pada saat yang sama dipasok ke kumparan masing-masing untuk menghasilkan gaya tarik yang melayang di dalam poros bearing. Controller mengontrol arus yang diterapkan pada kumparan dengan memantau sinyal posisi dari sensor posisi untuk menjaga poros pada posisi yang diinginkan melalui luar jangkauan pengoperasian mesin. Biasanya ada 0,2 sampai 0,5 mm celah udara antara rotor dan stator tergantung pada aplikasi. Poros ini biasanya didorong oleh sumber lain seperti turbin, atau putaran mesin yang terintegrasi dengan poros


Skema cara kerja Bearing magnetik


Hehe..lumayan ngejelimet juga ya teorinya sob....tapi IBLJ engga harus memaksakan kawan-kawan untuk mengerti secara jelas teorinya seperti apa...cukup hanya memahami cara kerjanya secara logika bahwa semua itu memeng bisa di buat dan bisa di aplikasikan lo... bisa kebayangkan kita pake bearing SKF yang hi speed aja uda enteng banget apalagi bearing magnetic ini yang engga bersentuhan fisik wew super Hi speed.....gak kebayang secepat apa motor-motor masa depan jika menggunakan bearing magnetik ini...liat saja video yang ada di bawah dengan tenaga tiupan angin compresor putaran mampu mencapi hingga 10000 rpm gimana kalo pake tenaga mesin ???...Bearing ini bukan hanya cepat tapi juga presisi,lebih minim getaran dan terbebas dari kondisi suhu apa pun...Sejauh informasi ini di dapat belum ada penjelasan secara rinci kapan Bearing magnetic ini akan di lepas dipasaran dan kisara harganya.

Fitur :

  •    Rendah Getaran
  •     Bekecepatan tinggi
  •     Rendah konsumsi energi
  •     Tidak ada kontak fisik
  •     Bebas Pelumas      
  •     Bebas dari Kontaminasi


Contoh analogi Video Bearig magnetik


Bering magnetik belum dalam tahap penyempurnaan



(sumber www.engineerlive.com)  

TERIMA KASIH

 Berita terkait :  



Proses dasar cara membuat ring piston


Video proses pembuatan Gear/roda gigi
 
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING 


Video cara pembuatan Ban  

 Video Cara pembuatan CAM / Noken As 

Cara membuat klep mesin 4 tak  

Modifikasi klep BACK CUT VALVE  

Video Cara bikin kenalpot  



Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia