Lagi enak-enak bawa motor nikmatin jalanan malam di jakarta....tiba-tiba Mio nyalip dari sebelah kiri sebelum tikungan dia turunin gas....dan tiba-tiba....TOOORRRR......
Assssstagaaa.....copot jantung Gw.....bener-bener sangat mengganggu apalagi posisi kita pas berada di belakang moncong Kenalpot nya....Hal ini bukan sekali dua kali saya alami mungkin teman-teman pun mengalaminnya....sehingga memancing Pemikiran saya unutk berpikir......kira-kira kenapa ya ko sampe bisa kaya gitu....setelah di usut-usut ternyata kasus ini sudah lama terjadi dari tahun ke tahun banyak yang mengeluhkan hal ini bahkan motor keluaran baru sekali pun...sehingga menjadi ciri khas motor yang satu ini....iseng-iseng deh browsing di forum-forum..... ternyata kasusu ini sudah di bahas dari tahun 2008nan cuma jadi pengen tau lebih dalam apa sebenarnya penyebabnya....ternyata ada beberapa penyebabnya...salah satunya adalah AIS.....
Namun IBLJ ga langsung yakin begitu saja dengan jawaban tersebut....akhirnya IBLJ mencoba untuk membuktikan hal tersbut dengn membuka topik obran di grup facebook IBLJ dengan kasusu di atas...dan ternyata banyak teman-teman yang meresponnya dan menjawab bermacam-macam penyebabnya ....Berikut ini jawaban-jawaban yang di berikan oleh teman-teman dari Grup IBLJ :
Arif Pasopati DuaSatu Campuran udara & bbm trlalu kaya, akibatnya tidak terbakar habis dalam silinder. Akibatnya terjadi ledakan didalam leher knalpot. Solusi paling gampang, cek baut setelan udara pada karburator, klo setau sya setelan pabrikan 1,5 putaran membuka
Dhiell Ayah Adeeva kerak sisa pembakaran
yang numpuk di selang AIS. antisipasinya lakukan pembersihan berkala 3-4 bulan sekali tergantung pemakaian motor. klo mau yg paten, tutup aja lubang AIS pake baut
Agus Budiman Stelan angin karbu terlalu banyak lebih darì 2 putaran.tanda utamanya knalpot nembak2 saat turun gas
Mameh Speed TeCno byaza.a knalpot nembak saat d loz krna cmpuran BB trlalu miskin.,atau krna ad kbcran d bgian intake manifol
Hermansah Bembeng ukuran pilot jet mio bawaan pabrik terlalu kecil. pabrik bisa saja menaikkan ukuran pilot jet 1step tapi konsekuensinya jadi tmbah boros. karena motor d rancang buat harian sah2 saja pabrik melempar produknya dgn ukuran pilot jet yang di cekik.
Agus Budiman Soal perangkat Ais sistim kerja sama persis kran vacum bensin.jalur ke manipol adalah untuk membuka katup ketika ada hisapan di manipol.saat katup terbuka inilah jalur udara yg akam mengalirkan udara bersih dari box filter yang menuju exhaus
Infobalap Liarjakarta
saya akan coba memberi masukan dari sudut pandang yang sedikit berbeda......
Dari latar belakang permasalah dan solusi yg saya temui.......semuanya mengarah pada satu masalah....yaitu panas berlebih......dimana panas berlebih memicu terjadinya preignition atau bisa juga detonasi.....dimana suhu yg tinggi memicu terjadinya pembakaran lebih awal.....sehingga terjadi deh ledakan dimana posisi klep masi terbuka.....dan tentunya teman2 tau dong kenapa mesin metik memiliki panas yg tinggi....jelas secara konstruksi yg kurang mendukung...dimana mesin hampir ditutup secara keseluruhan oleh bodi.....di tambah lagi mio memiliki daging blok yang tebal menambah akumulasi suhu makin berlebih....dimana dengan blok yg tebal akan lebih lama memnyalurkan panas
Dari latar belakang permasalah dan solusi yg saya temui.......semuanya mengarah pada satu masalah....yaitu panas berlebih......dimana panas berlebih memicu terjadinya preignition atau bisa juga detonasi.....dimana suhu yg tinggi memicu terjadinya pembakaran lebih awal.....sehingga terjadi deh ledakan dimana posisi klep masi terbuka.....dan tentunya teman2 tau dong kenapa mesin metik memiliki panas yg tinggi....jelas secara konstruksi yg kurang mendukung...dimana mesin hampir ditutup secara keseluruhan oleh bodi.....di tambah lagi mio memiliki daging blok yang tebal menambah akumulasi suhu makin berlebih....dimana dengan blok yg tebal akan lebih lama memnyalurkan panas
Agus Budiman
Sebanarnya
ini kasus umum coba langsung aja pada motor dg karbu merk mikuni biasa
stel angin diatas 1.5 karbu vakum 2.5 karbu keihin stelan angin 2.75
semua akan terjadi ldkan apalagi dg knalpot racing yg paling sensi adlh
karbu mikuni tipe biasa (non vacum)diset
diatas 1.5 udah bisa menimbulkan letupan diknalpot.sbnarnya semua itu
tak akan ada masalah bila nyetelnya sesuai rekomendasi bk petunjuk.untuj
mikuni 0.8-1.2 putaran.untuk keihin 1-1.75 putaran dari posisi ulir
mentok
dari Jawaban di atas mudah-mudahan teman-teman bisa mendapatkan sedikit gambaran dari permasalahan tersebut..... terutama untuk yang mengalaminya semoga bisa langsung mengcomper dengan keadaan yang sebenarnya
semoga bermanfaat