:VELOCITY - GAS SPEED:.
Ini
adalah rumus yang kita pakai sebagai dasar pengembangan seting mesin
balap motor 4 Tak. Keselarasan dalam pemilihan spek modifikasi akan
menentukan karakter tenaga mesin dan potensi yang mampu dilahirkan.
Dengan spesifikasi ini motor lebih mampu untuk mengeluarkan tenaga di
RPM atas. Namun modifikasi tidak hanya terhenti sampai disini, karena
mesin 4 tak memiliki banyak komponen dan variable yang dapat dikorek
lebih dalam untuk dikembangkan.
Prinsip
dasar motor bakar adalah adanya kompresi, bahan-bakar, serta pengapian
yang baik maka mesin motor dapat bekerja dengan baik. Nah, tantangan
dalam balap adalah bagaimana meng-optimalkan kinerja mesin dalam
menghasilkan kompresi, adanya bahan-bakar yang pas dan jalur aliran
bahan-bakar dengan udara mampu bekerja dinamis, dan kepastian adanya
penyalaan pengapian dalam timing yang tepat maka dapat dipastikan
tenaga mampu lebih dioptimalkan.
Perhitungan
penting kala kita melakukan ubahan saluran porting adalah kecepatan
udara atau seringkali di-istilahkan dengan Velocities, ini merupakan
hitungan Gas Speed yang menentukan homogenitas campuran Udara – Bahan
Bakar pada saluran porting. Serta desain porting yang baik tentu
haruslah memenuhi persyaratan tertentu sehingga aliran udara akan
bergerak memutar dalam saluran porting.