Tentunya teman-teman sudah tidak asing lagi dengan mesin 2 tak ,4 tak.....so logika mekanisnya tentunya sudah pada ngerti kan kurang lebih seperti ini......
Contoh cara mesin kerja 2 tak
.
Contoh cara kerja mesin 4tak
Tentunya diluar 2 mesin jenis ini jarang sekali di beritakan mesin-mesin lainya dengan mekanisme yang berbeda.....padahala masih banyak jenisnya lo...unutk itu IBLJ mau sedikit berbagi pengetahuan tentang jenis mesin lainya yang sekiranya masih layak untuk di gunakan orang banyak....salah satunya adalah mesin ROTARY...mungkin sebagian teman-teman sudah pernah mendengarnya bahkan melihatnya....namun tidak ada salahnya jika IBLJ ingin berbagi kepada yang belum mengetahuinya...
Mesin ROTARY hingga saat ini masih terus di gunakan dan di kembangkan di belahan bumi lain...seperti eropa dan jepang...jika di jepang mesin ini terus di kembangkan oleh salah satu brand mobil terkenal di jepang yaitu Mazda....mesin rotari buatanya di tanam di dapur pacu mobil proto type buatan mereka yang bernama Mazda Furai...mau liat dan denger suaranya...
Mazda furai
Bagai mana keren kan........nah bagai mana jika mesin tersebut nempel di motor....tentunya bisa dong ini dia salah satu pabrikan motor eropa yang mau mengembangkan jenis mesin ini pada motor.....Norton NRV588
Norton NRV588
Dengan mesin rotary 170bhp dan berat 130kg, NRV588 harus membeerikan kinerja yang luar biasa! Motorlegendaris bermesin rotary-F1 Norton dari awal 90-an
memiliki mesin liquid-cooled rotary 588cc yang menghasilkan 95bhp @
9500rpm., F1 Norton RCW588, memenangkan
seri F1 Inggris di tahun 1989, dan juga berlari di Isle of Man.
Dan sekarang, semua Norton - prototipe NRV588 - didukung oleh mesin Wankel
170-tenaga kuda . Ditampilkan di acara NEC baru-baru ini di Inggris,
motor baru telah dikembangkan oleh Brian Crighton, orang di belakang tim
balap Norton pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Mesin yang
didasarkan pada F1 keluaran lama....dan terus dikembangkan Masih dengan mesin 588cc twin-rotor Wankel unit, namun sekarang sudah menggunakan injeksi, saluran inlet variabel, dan Chassis buatan Spondon twin-spar aluminium frame dan garpu
depan Ohlins-dibuat. beratnya di 130kg , dan dengan tenaga sebesar170bhp...wah 11,12 sama tenaga motor super bike namun cc nya jauh lebih kecil...tapi ga tau kalo bensinya bors ga ya...???....yu kita liat mekanisme kerjanya....
Waaahhh simpel juga cara kerjanya seperti pada mesin 2tak namun bedanya tidak menggunakan piston.....mantep juga tuh kalo dibuat balap trek lurus.....lantas ajaaaa...hehehe
semoga bermanfaat
TERIMA KASIH
add my new akun FB http://www.facebook.com/?ref=logo#!/profile.php?id=100003510969093