Sabtu, 21 Januari 2012

Kubah Head Albronze


Tidak mungkin suatu benda di buat tanpa alasan...termaksud head kubah jenis ini....jika di lihat secara teknis kubah head berbahan  albronze memiliki beberapa keunggulan di banding head jenis biasa ...yaitu tidak membutuhkan tambahan untuk sitting klep....yang mana kita ketahui pemasang sitting klep yang tidak presisi secara tehnik pemasangan akan dapat menurunkan performa power mesin pada waktu dan suhu tertentu seperti yang pernah di ucap oleh Om tommy huang BRT...itu sebabnya Om tommy huang BRT menggunakan sistem cyro guna pemasangan sitting klep ...dimana bahan sitting di bekukan di bawah tempratur nol drajat agar sitting menciut...agar pada pemasangan pada dinding dudukan sittingnya tidak menimbulkan gesekan dan tergores yang berpotensi akan menimbulkan kebocoran kompresi

Sitting klep kiri bos klep kanan

Sitem Cyro sitting klep yang di bekukan (-) nol drajat
Nah lain cerita dengan kubah albronze.....Kubah albronze tidak membutukan Sitting klep lagi kawan...jadi sittingnya langsung dari bahan kubahnya tersebut...tinggal menentukan sudut lalu  di scrubb menggunakan cut way.....jadi tidak ada lagi potensi kebocoran kompresi selain dari jalur lubang klep tersebut akibat proses pres, getok dll....so sudah pasti masalah durability tidak usah di ragukan lagi power mesin bakal turun akibat kompresi yang bocor....
Proses scrubb 
Tentunya belum banyak trik ini di gunakan di indonesia...walaupun cara ini bukan yang pertama kali di dunia sebelumnya cara ini sudah di gunakan oleh mekanik-mekanik luar negri untuk di gunakan pada motor gede seperti yang terlihat pada contoh gambar paling atas head suzuki hayabusa....tapi rasanya kurang afdol bila tidak di coba oleh mekanik-mekanik di indonesia.....ini dia salah satu mekanik asal Bengkel 41  cilodong Depok yang bernama Iwan Bbt  yang I B L J  wawancarai on line lewat jejaring sosial di Grup FB I B L J...dan akhirnya sobat kita ini mau sedikit berbagi tentang cara pembuatan head tersebut....
berikut adalah proses pembuatan dan gambaran singkatnya :

1 . lubang-lubang pada head di las/cor seperti lubang klep,lubang bentuk bawaan motor
                                             
                                                                        Contoh gambar
Haed Suzuki Titan

2. Bikin lubang pada kubah head dengan cara di bubut

                                                                      Contoh gambar



3. kemudian masukan bahan Albronze nya yg sudah di bikin bulat dan sesuai dengan diameter lubang yang di  buat tadi lalu dipress dengan alat press...dan mulai di bubut untuk membentu model kubah seperti contoh gambar berikut.

                                                                         Contoh gambar


4. selanjutnya adalah membuat lubang klep...ukuran klep tinggal disesuaikan drajat sudutnya sesuai dengan spek yang ingin di buat.....berikut contoh gambarnya.....

                                                                      Contoh gambar
Kubah head albronze suzuki titan yang sudah jadi
mungkin ini hanyalah merupakan gambaran singkat dari proses pembuatan kubah head albronze ...sekiranya dapat menginspirasi teman-teman yang sering melakukan riset pada tungganganya.....(maju terus mekanik Indonesia) untuk mendapatkan informasi lebih jelas kawan-kawan juga bisa kontek lansung sobat kita Iwan Bbt pada link FB nya berikut Iwan Bbt Bengkel Bubut

Alamat lengkap bengkel
JL.kemang raya,no41 Kecamatan kalibaru
Kelurahan cilodong Depok
Nama bengkel 41 fortyone


Semoga terinspirasi

TERIMA KASIH


Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia