Piston Honda TIger oversize 225
Konsep inovasi kita adalah peningkatan dapur pacu, spek tiger 2011
kita desain mengusung mesin 211 cc! Bawaan pabrik honda, mesin Honda
Tiger dibekali diameter piston 63,5mm, dengan panjang langkah 62,2mm,
setelah dihitung dengan software calculator ketemu kapasitas mesinnya
196,9 CC. Karena sekaran tahun dua ribu sebelas, kita ikut latah ingin
menjadikan tiger2011 bukan lagi tiger 2000, heheh.. itu artinya
kapasitas mesin digembungkan menjadi 211 CC, Jadi, piston ukuran berapa yang harus dipakai?
Gampang saja, masukkan dalam rumus, v = ( 3,1416 x D^2 x S ) / 4000
v sudah diketahui , 211 , sedangkan stroke adalah 62,2 .
yang ditanyakan adalah diameter piston , atau D.
maka, masukan ke kalkulus sederhana ,
D = akar kuadrat ( (v x 4000) / 3,1416S )
ketemulah D = 65,72 … ya perkiraan selisih 2,25 milimeter dari
standard, maka kita butuh piston oversize 225. Nah, gampang kan, berarti
tinggal belanja ke pusat spare part, kita cari sesuai kebutuhan, bukan
karena asal-asalan
Klep Honda TIger custom
Dengan piston yang baru sebesar 65,75mm, bisa ketemu kapasitas
silinder 211,18CC. Dari awal penambahan volume dalam silinder sebanyak
14 cc, Kompresi yang asalnya 9,0 : 1, meningkat jadi 9,61 : 1.
Ajiibb!!! Ini baru awalnya, bila ditambah trik Murmerceng, mencopot
paking blok setebal 0,5 milimeter, kita dapat mereduksi volume ruang
bakar sebanyak 1,6cc , volume v2 yang mengecil artinya rasio kompresi
bisa ditingkatkan menjadi 10,2 : 1. Instan! Murah, tanpa bubut.
Murmerceng adalah tentang trik, bukan hanya pemakaian perangkat yang
murah, namun sebuah metode
Dari sini kita tentukan diameter lubang hisap yang baru untuk puncak
tenaga di 8,500 RPM. Caranya adalah mengukur dulu gas speed lubang
porting standard pada rpm 8,500 dengan diameter piston standard.
Kemudian kita konversi ulang jika piston sudah dibesarkan. Tinggal
hitung dalam 5 menit, maka dapat ditentukanlah ukuran lubang diameter
porting inlet + outlet nya secara presisi. Tinggal menghajar dengan bor
tuner dengan telaten dan sabar.
Big Bowl Area Porting
Ingat hambatan terbesar porting berada pada area di sekitaran bushing
klep, bowl area, pada klep, dan dinding kiri kanan yang menghalangi
udara keluar saat klep terangkat. Maka fokus kita adalah memperbesar
diameter dalam seating valve menjadi 94 % dari diameter klep in, dan
92.7 % pada diameter seating valve exhaust relatif terhadap klep buang.
Mengubah klep menjadi full customize, dengan permukaan tapak yang
melekat pada seat tidak lebih dari 1 milimeter, mengikis dinding
punggung klep untuk meningkatkan airflow tanpa perlu menyakiti noken as
yang harus dipapas terlalu banyak.
Murmerceng adalah menyulap noken as standard menjadi RACING
Lifter camshaft dipatok di kisaran 7.5 milimeter, extra mantap untuk
harian kencang, selain tetap awet. Dan noken as yang kita gunakan dari
material yang lebih baik dari standard, karena seringkali noken as honda
tiger genuine justru lebih cepat aus ketika di papas, lagipula profil
cam nya kurang ajib setelah jadi derajat buka-tutup yang dimau. Noken as
merk Denshin dianggap lebih mumpuni, dengan lift standard lebih tinggi,
maka pemapasan tidak terlampau banyak sudah mampu mengejar target
angkatan noken as yang diinginkan. Durasi 0,15 mm tetap menirukan
standard bawaan pabrik, hanya durasi 1mm keatas yang kita rubah.
Konsep benar, tinggal pilih, kalau ingin torsi dan tenaga ekstra
besar diputaran bawah menengah kita bisa andalkan karburator standard di
reamer. Atau bila ingin memperkuat putaran tengah ke atas bisa
mengandalkan karburator pe 28 milimeter. Penggantian karburator ini
lebih kepada penggeseran puncak torsi dan tenaga, untuk penambahan
tenaga dari airflow mungkin hanya berkisar 1-2 HP. Apa yang menjadi
andalah pelecut tenaga?
Jika kamu tidak masalah dengan suara knalpot yang meraung saat di gas
penuh, Knalpot FreeFlow adalah jawaban tenaga instan membuka semua
potensi mesin hingga mampu mengail 5 HP dengan mudah! Namun jika masih
ingin merasakan suara yang bersahabat, cukup mengganti dan menata ulang
konfigurasi leher pipa knalpot. Leher berdiameter dalam 29 milimeter dan
dikembangkan ke 33 milimeter adalah jawaban yang tepat, disambung
dengan muffler Honda Tiger Revo yang ditata ulang silincer nya,
penambahan ekstra 3 HP masih mudah didapatkan.
Noken as Hi-Performance
Optimasi dengan cdi BRT, coil Yz125, busi Denso Iridium adalah keperluan tersier,
BY (RAT)