Jumat, 24 Januari 2014

Mesin 4 Tak dengan klep Rotary


Coates Spherical Rotary Valve (CSRV) System

Mesin motor 4 langkah telah berpuluh-puluh tahun mengadopsi klep/Valve model payung untuk di gunakan, baik pada mesin motro maupun mobil...karna hingga saat ini klep masih dinilai efektif bagi sebagian industri otomootif....namun tidak bagi perusahaan Coates International yang berdiri sejak December 1987 di USA sebuah industri mesin yang telah membuat berbagai jenis mesin dari mesin turbin, roket Hingga mesin pembakaran/4langkah....pengembangannya tidak puas pada teknologi-teknologi mesin yang telah ada untuk itu mereka membuat sebuah teknologi trobosan dimana selama ini pada sebagian insinyur mesin menjadi sebuah kendala untuk di maksimalkam...salah satunya adalah Valve atau klep.
 
Coates Spherical Rotary Valve (CSRV) System

kinerja klep bagi sebagian perancang mesin kinerjanya masi bisa di maksimalkan agar meraih putaran mesin dan horse power yang lebih besar lagi...karna Klep dengan aplikasi per dinilai menghambat kinerja sebuah mesin...karna membutuhkan energi lebih besar dibanding kelp yang tidak menggunakan per untuk menggerakanya per satu kali putaran poros engkol,.... bayangkan jika di kali hingga ribuan puran mesin sudah berapa % energi yang tersedot dari power mesin hanya untuk menggerakan sebuah klep yang menggunakan per belum lagi ditambah gesekan dari batang klep, selain itu klep dengan diameter kecil dinilai meningkatkan panas lebih tinggi di dalam ruang bakar hingga mencapai 2500 derajat F sehingga dapat merusak klep itu sendiri.....

Contoh gampangnya si kawan-kawan bisa liat mesin 2 tak deh.....bisa di katakan mesin 2 tak  tenaga yang di peroleh adalah murni tanpa banyak kendala dari kinerja mesin secara keseluruhan.....itu sebeabya mesin 2 tak dengan kapasaitas cc yang sama dengan mesin 4tak memiliki tenaga 1,6 lebih besar dari mesin 4 tak...itu kata tukang insinyur moto GP loh....
Kalo Kata  Om Albert enstein (Hal Yang paling gila adalah menginginkan hasil yang berbeda tapi di lakukan dengan cara yang sama )itu sebabnya Coates International sebisa mungkin membuat mesin dengan cara yang berbeda....terciptalah Coates Spherical Rotary Valve (CSRV) System, dimana sistem ini bukan hanya meringankan putaran mesin saja tapi juga dinilai efesien dalam proses pembakaran yang rendah emisi.
               Coates Spherical Rotary Valve (CSRV) System...tidak menggunakan aplikasi perklep untuk menggerakannya sehingga dapat berputar lebih ringan membuka dan menutup katup In dan Out....bentuk klepnya menyerupai bola dengan desain coakan-coakan untuk menampung gas masuk dan gas buang..selain itu lubang klep in dan ex nya pun besar mengikuti bentuk desian dari klep rotarynya....hal ini lah yang menurut data claim mereka dapat menerunkan suhu pada ruang bakar, gas buang dari hasil pembakaran terbuang dengan maksimal ...sehingga mengurangi endapan karbon di ruang bakar yang berefek pada kurang sempurnanya pada pembakaran-pembakaran selanjutnya hal itulah yang pada akhirnya menimbulkan emisi gas buang yang tidak sempurna....

 Bentuk Klep Rotary

untuk melengkapi bahasan yang singkat ini I B L J juga memuat video Coates Spherical Rotary Valve (CSRV) System Simak langsung aja sob....


Video Coates Spherical Rotary Valve (CSRV) System

Mekanisme kerjanya klik gambar di bawah ini 

http://www.coatesengine.com/files/theme/csrv_vs_poppet.html

Mau lebih Ditail Bahasanya klik Disini Kawan => http://www.coatesengine.com/