Selasa, 12 Februari 2013

Cara bikin Klep Mesin 4 tak

 
Jika sebelumnya I B L J pernah mengulas cara bikin klep dengan cara menggunkan mesin bubut secara personal klik DISINI...kali ini I B L J akan mengulas cara bikin klep versi pabrikan atau cara membuat klep dengan sekala produksi masal karna jika menggunakan mesin bubut akan memakan waktu dan bahan yang banyak....I B L J yakin bahwa banyak dari kawan-kawan yang sudah puluhan tahun kenal dengan motor tapi tidak mengetahui cara bikinnya hehehe betulkan....kalo melihat bentuknya sebagai orang yang mengerti masalah tehnik pasti akan selalu bertanya-tanya bagai mana proses pembuatan benda yang satu ini...tanpa sambungan tapi ujungnya pipih atau melebar seperti payung.....???  terua mesinnya seperti apa ya...??? lagi-lagi embah Google yang menjawabnya....untung ada embah google jadi terjawab deh tanda tanya itu....Browsing di salah satu situs Jual beli on line  berSekala besar alibaba.com yang menawarkan Mesin Produksinya.... dari situ mulai terkuak sedikit-demi sedikit bagaimana cara proses pembuatan klep lumayan sedikit-demi sedikit I B L J jadi mengetahui proses-prosesnya......yu langsung kita simak gambar langka-langkah pembuatannya....


Ternyata bahan baku awalnya hanya berupa besi panjang seperti pensil yang di jepit pada dudukan dan di panaskan pada bagian kepalanya yang ingin di jadikan payung klep sampai memerah atau mendekati titik didih agar mudah di bentuk


Kemudian setelah bagian yang di panaskan tadi mulai memerah ...di tekan dengan beban benda berat agar menjadi pipih/gepeng seperti payung cekidot gambar di bawah yang mulai melebar akibat dari tekanan dari mesin pencetak.....


Agar pada bagian belakang payung klep melengkung ...sebulumnya memang sudah di sediakan cetakannya agar sesuai dengan yang di inginkan  tentunya setelah lepas dari cetakan tersebut masi butuh langkah-langkah proses finising lainya jadi belum bisa langsung di pakai sob.....

Kurang lebih seperti gambar di bawah ini jika klep di angkat dari cetakanya.....payungnya masi merah membara...siapa yang berani pegang I B L J kasi hadiah nih.....hehehehe


Wih cakep.....ups tapi jangan salah kaprah sob....klep IN dan EX memiliki material yang berdeda lo Seperti kita ketahui semua klep isap hanya dialiri uap bahan bakar, campuran udara dan bensin. Makanya saat bekerja klep isap tetap dingin. Sedang kan klep buang dilewati  sisa pembakaran, tentunya suhu disana lebih panas. tentunya klep buang perlu menggunakan material yang lebih tahan panas......untuk membedakanya secara awam gunakan saja magnet/besi berani...jika di dekatkan nempel berarti klep tersebut adalah klep IN dan yang tidak nempel berarti klep buang atau EX....


Material yang di gunakan oleh pabrikan umumnya untuk klep isap menggunakan material logam SUH 11 sedang klep buang menggunakan SUH 35. SUH 35 lebih tahan panas, bisa tahan pada suhu sampai 800 derajat celcius, Sumber material (Product Development Indopart) tentunya langkah-langkah di atas merupakan proses langkah awal pembuatan klep karna masih di perlukan proses finising agar klep siap di edarkan di pasaran salah satunya prosesnnya adalah hardening.


(Sumber gambar Alibaba.com)

TERIMA KASIH

 Berita terkait :  

Teknologi-teknologi Klep

Cara membuat klep mesin 4 tak Sendiri

Bearing Magnetic SKF Zero Friksi

Proses dasar cara membuat ring piston


Video proses pembuatan Gear/roda gigi
 
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING 


Video cara pembuatan Ban  

 Video Cara pembuatan CAM / Noken As 

Cara membuat klep mesin 4 tak  

Modifikasi klep BACK CUT VALVE  

Video Cara bikin kenalpot  





Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia