Sabtu, 09 Februari 2013

Teknologi-teknologi Klep



Belajar tentang mesin mau ga mau kita harus mengetahui segala sesuatunya tentang mesin bila kita ga mau ketinggalan...dari mulai logika kinerjanya, fungsi, jenis-jenis partnya dan juga materialnya...dari beberapa komponen tersebut kita pun harus mengetahui jenis-jenis komponen dengan teknologi-teknologinya terutama komponen-komponen yang menurut kita anggap vital..... tentunya hal itu sangatlah penting untuk merubah prilaku kita terhadap part yang akan kita gunakan agar sesuai dengan standar fungsinya....Bahasan ulasan kali ini I B L J akan mencoba menyapaikan teknologi-teknologi yang ada pada klep dari berbagai sumber yang menurut I B L J dapat di gunakan sebagai refrensi.....sejauh ini bagaimana prilaku kita saat menggunakan klep...???  pasti ada yang langsung gunakan tanpa mau tau kelebihan dan kekurangan atau teknologinya yang penting diameter besar batang kecil dan banyak yang menggunakan....wajar saja  si karna yang tersedia di pasaran ya hanya klep-klep yang seperti itu.... di tambah lagi tidak ada produknowlage (keterangan pengetahuan produk) dari part yang di jual...membuat kita sebagai Custamer merasa di bodohi.....padahal kita sebagai custamer/pembeli berhak tau karna ada undang-undangnya lo hehe jadi panjang lebar....

Ternyata klep memiliki banyak teknologi lo walaupun bentuknya secara kasat mata tetap sama....kemajuan teknologi dan pesatnya persaingan kompetisi balap di lapang mendorong Manufacturing terus mengembangkan teknologi partnya berikut penjelasannya


  • Hard Chrome Plating Valve

Klep dengan teknologi ini biasanya di gunakan untuk mesin berkinerja tinggi karna memiliki batang katup dengan koefisien gesek yang rendah, permukaan yang keras dan tahan aus . Hard chrome menawarkan pilihan terbaik untuk aplikasi mesin ekstrim dengan membiarkan sifat pelumasan yang lebih tinggi dan perpindahan panas yang lebih baik dari batang klep. 


  • Sodium Filled-Hollow Stem Valves

Klep yang memiliki rongga ini berungsi untuk mentransfer suhu panas dari daun klep menuju seluruh bagian klep dengan menggunakan natrium sebagai perantara yang di letakan di dalam rongga tersebut....karna bentuknya yang berongga sehingga dapat mengurangi bobotnya sampai 20%...namun Natrium yang berada di dalam rongga akan berubah menjadi gas yang berbahaya jika terkena suhu di atas 1650 drajat celsius

  • Bimetallic Forged Valves

Katup bimetal salah satu klep canggih untuk aplikasi katup ekstrim yang biasa bekerja pada tempratur suhu yang tinggiKatup bimetal pada dasarnya dibuat dari dua batang baja paduan bahan yang berbeda yang digabungkan bersama dengan pengelasan dua buah ke dalam satu komponen. Metode manufaktur katup adalah metode yang hanya direkomendasika untuk aplikasi katup pesawat terbang.

  •  Titanium Valve 


Bahannya yang ultra ringan dan kuat,  membuat Semakin tinggi fluktuasi suhu antara asupan udara dan gas buang menjadi lebih rendah .....Biasanya untuk mesin yang memiliki karakter Rpm tinggi  

  •  Coatings Valve


Coatings klep dapat meningkatkan kekerasan permukaan komponen pada daun klep hingga 30 sampai 40 persen. Keuntungan terbesarnya  dalam memakai Coating Valve, Pelapis termalnya dapat membantu dengan mengurangi suhu 100 sampai 200 derajat
 

Sumber www.enginelabs.com

TERIMA KASIH

 Berita terkait :  

Bearing Magnetic SKF Zero Friksi

Proses dasar cara membuat ring piston


Video proses pembuatan Gear/roda gigi
 
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING 


Video cara pembuatan Ban  

 Video Cara pembuatan CAM / Noken As 

Cara membuat klep mesin 4 tak  

Modifikasi klep BACK CUT VALVE  

Video Cara bikin kenalpot  




Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia