Rabu, 09 Januari 2013

Piston berteknologi SAPPT dari Suzuki

Advanced Perforated Piston Technology (SAPPT)
Teknologi terus berkembang setiap pabrikan terus berinovasi untuk menjadi yang terbaik pada setiap ditail penemuannya, Teknologi terbaru dari Suzuki yang mencoba terus mendobrak paradigma fungsi sebuah piston yang seperti kita ketahui perkembangan teknologi piston dari tahun ke tahun sangatlah lamban...namun setiap pabrikan resmi atau after market terus berinovasi untuk menemukan hasil dan bentuk yang ideal....pada tahun 2013 suzuki global akan menggunakan piston jenis ini pada motor-motornya sayangnya belum ada penjelasan ditail untuk di aplikasikan pada motor jenis apa....ok ga masalah yang terpenting teknologi baru ini dapat memberi warna baru bagi pencinta modifikasi Kususnya mesin
Lalu apa kelebihan dari penemuan piston baru suzuki ini.... Keunggulan dari teknologi Suzuki Advanced Perforated Piston Technology (SAPPT) ternyata dapat menjadikan ruang bakar dapat dipersempit dan dengan piston tehnologi baru dengan diameter piston sama tetapi mendapatkan kapasitas mesin lebih besar karena terdapat coakan - coakan lubang pada permukaan piston.... Keunggulan lainnya adalah piston lebih ringan dari jenis piston konvensional lainya. Karena meskipun dengan kapasitas mesin sama,Tapi  pada piston tehnologi baru suzuki ini piston dapat dibuat lebih ramping (kecil).

lubang-lubang kecil di kepala piston dapat menaikan kapsitas cc mesin dan meringankan bobot piston
Kalo kita tunggu sampai jenis piston ini keluar di pasaran untuk kita gunakan rasanya sulit ....namun tidak ada salahnya jika teknologi piston ini bisa di gunakan sebagai bahan eksperimen pada kendaraan balap kita.... karna banyak jenis-jenis piston mentah pada bagian kepalanya yang bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan piston ini  contoh bahan piston yang bisa digunakan 

Piston Izumi
Dengan kepala piston yang tinggi tentunya kita dapat membuatnya sesuai dengan jenis yang kita inginkan dengan inspirasi model contoh piston suzuki tadi....wah kalo ini bisa di aplikasiin di piston balap resmi bisa nyolong kapasitas cc nih kayanya..... tapi jangan lupa angka compresinya pun akan menurun jadi hati-hati buat yang biasa menggunakan angka kompresi sebagai patokan untuk seting drajat pengapian dengan CDI programmable


semoga terinspirasi kawan

(sumber Suzuki uk & laskar suzuki)