Hemmm...makin menjamur dan makin gila aja nih modifikator mesin ....perkara modif mesin 2 Cilinder bukan perkara modifikasi biasa ini sudah out of the box... radikal custome atau bisa di katakan gila...perhitungan, pengalaman, waktu dan biaya harus benar-benar matang dan ekstra full...salah sedikit Mall praktek deh alias produk gagal duit Zonk...dan tentunya kendala awal-awal untuk membangun motor ini pasti akan selalu di bayang-bayangi oleh banyak kendala....dari sisi tehnis hasilnya harus memenuhi syarat jalan dan awet....dari segi biaya pastinya tidak membutuhkan biaya yang sedikit....dari segi waktu tentunya membutuhkan waktu yang lama...dari segi pemikiran pastinya harus mencari refrensi dan pemikiran yang ekstra ....wah pokonya serba luar biasa kompleks....namun semua ini untuk langkah awal ya tentunya....
Namun hal itu bukanlah menjadi hal yang sulit bagi bro Dwi asal semarang ini jika memiliki tekat dan semangat yang kuat...langkah awal membangun motor ini bro dwi memulainya dari pembuatan kruk as yang di custome menjadi 2 satang dengan satu bandul daun kruk as....dengan menggunakan bahan kruk as Scorpio di padu stang seher cb dengan pen kruk as yang agak panjang agar muat di masukin 2 stang seher tanpa harus menipiskan stang sehernya....jadi posisi kruk as sekarang menjadi agak melebar...alasan tidak menipiskan stang seher karna piston akan di jelali untuk menyanggah piston scorpio yang berdiameter 70mm
wew..bisa kebayangkan kalo di tipisin takut jebol bro.....cekidot gambar di bawah
Contoh ilustrasi gambar Kruk as V silinder |
pemasangan pen kruk as yang panjang di barengi oleh langkah stroke up dari standar scorpio yang 58mm menjadi 68 mm agar torsi yang di dapat makin gahar .....al hasil tes ride pertama langsung bikin gosong 7 sekligus kampas kopling padahal baru jalan ratusan meter saja....bisa kebayangkan bengisnya tenaganya....lanjut ke proses pembuatan... selanjutnya proses pembuatan calter mengikuti dudukan baru kruk as yang di modif menjadi 2 stang seher tadi...tentunya di buat agak melebar untuk itu dudukan bearing sebelah kiri di geser kekiri 2,5cm....nah berikutnya membuat dudukan baut tanem menjadi 2 blok yang terpisah yang membentuk sudut 60 derat otomatis baut tanemnya jadi 8 yang tadinya hanya ada 4...cekidot gambar di bawah
Carter/Crank cash Custome jadi 2 silinder |
jangan lupa termaksud merubah posis rantai ketengnya juga kawan....disini ribetnya blok head scorpio jika di di buat engine swap untuk motor CB...karna posis rantai ketengnya berada di sebalah kanan....tapi bro dwi punya cara lain agar putaran mesinya jadi seimbang...posisi rantai keteng di buat menjadi kanan dan kiri bro....aje gile bisa kebayang ngerubah jeroan yang ada di head kalo posisi keteng di kiri...pusiiiinnnngggg...
jadi posis kelp harus di tukar...yang ex buat in ...yang in buat ex....begitu juga Camnya di rubah juga durasinya biar ketemu tuh posisi buka tutup kelpnya dengan blok head yang di sebelahnya......benerkan butuh pemikiran dan waktu yang ekstra gile bener da ah....
VIDEO CB MONSTER
Spesifikasi mesin :
Kapasitas mesin : 261 x 2 = 523cc
Piston : Scorpio 70 mm
kruk as : Scorpio Custome ( 2 Stang seher)
Stang seher : CB 100 2 buah
Karbu : Ninja 2 buah
CDI : Grand
Stroke up : 57mm => 68mm
Creator : Taufik Dwi Cahyo
Alamt Bengkel :
Nama bengkel : Dwi Sembada Motor
JL Gondang Timur 2,no 18 ,Tembalang,Semarang.
Contak : 085290113750/ pin : 4A2A29FD
Semoga terinspirasi kawan
Berita Terkait :
- Satria Fu Baron bisa asepin Ninja 2 tak
- Satria fu Twister Makin Nyanter
- Yamaha 125 Z 61 HP Yunani best time 6,4 detik 201m
- Jupiter Mx 4 tak di sulap menjadi 2 tak
- Jupiter MX 476 cc belum sempat merasakan aspal Indonesia
- Jupiter Mx Drag Staylish Palembang
- Gebrakan Kirana Abakura 4T Jakarta
- Jupiter MX Blok Head Scorpio Riau
- Garuda ABAKURA Cukup Disegani di Jakarta Barat
- Honda C Series Blok Head Honda CRF 250 30 Hp
- Honda Grand DOHC Hyper bore 350 cc
- Honda Grand, Dua Silinder Segaris 218 cc!
- Honda Grand 246 cc
- Motor Drag berbahan bakar LPG from BALI
- SUZUKI SHOGUN HYPER BORE / HEAD FU MEDAN