Kalau terjadi knocking, biasanya yang pertama disalahkan fuel.
Ada kemungkinan oktan tidak sesuai (beli eceran dicampur minyak tanah?).
Nilai oktan sering dihubungkan dengan rasio kompresi.
Secara umum sudah benar, tapi ada beberapa faktor lain yang ikut menentukan kebutuhan oktan.
Diantaranya temperatur udara sekitar dan ketinggian operasional (altitude) kendaraan.
Katanya sih semakin panas udara sekitar maka kebutuhan oktan akan sedikit menurun.
Dan katanya juga, semakin tinggi daerah operasi kendaraan juga ikut andil menentukan nilai oktan ideal.
Konon tabel-tabel hubungan antara nilai oktan dan rasio kompresi umumnya diambil dari riset laboratorium yang nota bene biasanya pada temperatur sekitar 24 derajat C.
Rasio kompresi tinggi biasanya solusi paling murah untuk mendapatkan torsi lebih. Cara yang paling murah meriah ya dengan sedikit memangkas silinder head.
Grapik umum hubungan antara kompresi dan torque kira-kira seperti ini:
sumber : avanzaxenia.net (FX Suprapto)